Bagaimana Cara Mendapatkan Visitor dengan Cara Uniqe

Bagaimana Cara Mendapatkan Visitors Dengan Cara Uniqe

Bagaimana Cara Mendapatkan Visitors dengan Cara Uniqe

Paansii - Blog adalah salah satu social media yang dapat kita gunakan sebagai channel internet marketing kita bisa juga disebut Online Diary. Tidak cuman itu Blog juga mampu untuk meningkatkan credibilitas dan personal branding.

Omong-omong soal blog, setiap entry yang terdapat pada sebuah blog biasanya dan lazimnya memiliki kolom khusus dimana kita dapat meninggalkan komentar dan berinteraksi dengan pengunjung lainnya.

Selain dari itu, kalau digunakan dengan benar, komentar yang kita tinggalkan bisa mendatangkan trafik yang sangat berkualitas ke situs kita sendiri. Dan cara ini juga sangat menguntungkan sang penulis entry! Ya menguntungkan karena Entri yang kita post tersebut dibaca oleh visitor dan mendapatkan possitive comments.

Pilih blog yang memiliki topik serupa dengan blog kamu

Kalau tidak ada yang benar-benar serupa, pilihlah yang masih berhubungan dan sesuai dengan ketertarikan kamu. Kita sudah tahu minat kita dan bidang apa yang kita kuasai. Karena itu sebaiknya kita tidak keluar dari bidang tersebut agar komentar kita bisa memiliki kualitas yang tinggi.

Tujuan di sini bukanlah untuk bersaing dengan blog tersebut dan mencuri traffic dari sana. Sebaliknya, yang ingin kita lakukan adalah membantu blog tersebut dan membuka peluang untuk bekerja-sama.

Cek apakah blog tersebut diupdate secara reguler atau tidak

Kalau tidak, mendingan kamu cari blog yang lain. Kuncinya di sini bukanlah banyaknya populasi. Kita mau berpikir sedikit lebih jauh ke depan. Walaupun blog tersebut kelihatannya masih belum terlalu ramai, tapi kalau topiknya sesuai, tulisannya bagus dan menarik, dan terus diupdate oleh pemiliknya, blog tersebut memiliki harapan yang cerah di kemudian hari!

Makin fresh entry yang kamu komentari, makin besar pula potensinya

Di kolom nama yang tersedia di kolom komentar, isilah dengan nama lengkap kamu

Kolom ini akan berubah menjadi sebuah link yang menuju kepada website yang kamu cantumkan di kolom website yang tersedia.

Jangan diisi dengan keyword! Tujuannya di sini bukanlah untuk SEO. Selain terlihat spam, kalau kamu isi dengan keyword, personal touch atas komentar kamu akan hilang. Komentar kamu seharusnya datang dari (contoh) Pandu Truhandito dan bukannya dari Cari Duit di Internet.

Kalaupun kamu isi dengan kata kunci, tidak akan ada gunanya karena platform blog sekarang secara default menambahkan tag rel=”nofollow” ke semua link di bagian komentar. Artinya, link tersebut tidak akan menyalurkan popularitas ke website yang tertera.

Jangan khawatirkan posisi komentar kamu

Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk mendatangkan trafik, komentar di blog harus yang paling atas. Berdasarkan pengalaman saya, komentar-komentar yang munculnya paling atas memang memberikan exposure yang lebih karena akan ada lebih banyak pembaca yang melihat ketimbang komentar-komentar yang telat masuk. Tetapi di lain sisi, exposure yang berlebih tersebut berarti tidak memfilter orang-orang yang melihat berdasarkan ketertarikan mereka.

Coba pikirkan sejenak: orang-orang yang melihat sampai ke bawah biasanya adalah orang-orang yang sangat tertarik dengan entry yang ditulis dan dengan komentar-komentar dari para pembaca. Ini adalah orang-orang yang sangat peduli dengan apa yang para pembaca katakan dan orang-orang yang peduli ini adalah pengunjung yang kamu inginkan untuk situs kamu.

Jadikan komentar kamu “remarkable”

Kita ingin membuat orang-orang yang membaca komentar kita menjadi sangat tertarik dengan kita. “Siapa sih orang ini? Kelihatannya menarik”. *Klik*

Kalau komentar kamu hanya berisi komentar sampah seperti : “nice info gan” komentar kamu tidak akan membuat orang penasaran karena Anda termasuk SPAM BLACK HEAD

Apakah anda tergolong SPAM BLACK HEAD ?
Isi dari komentar kamu harus benar-benar memberikan nilai / value tersendiri.

Bagaimana caranya?

  • Isinya harus relevan dengan entry yang menjadi topik pembicaraan. Kalau tidak ada hubungannya, orang-orang akan merasa komentar kamu tidak perlu dibaca. Apakah kamu akan menanggapi orang yang berkomentar tentang apel ketika kamu sedang asyik ngobrol tentang jeruk dengan teman kamu?
  • Menambahkan informasi di luar apa yang sudah dikatakan oleh sang penulis. Kamu bisa menambahkan sedikit perkembangan untuk entry tersebut atau kamu juga bisa mengutarakan pendapat kamu yang memiliki perspektif yang berbeda dari si penulis entry.
  • Kamu juga bisa berargumen dengan si penulis entry. Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang mereka tulis. Atau mungkin kamu setuju tapi kamu merasa ada yang perlu diklarifikasikan. Ada banyak argumen yang bisa kamu berikan sebagai bentuk respons sebuah entry.
  • Tentunya kamu tidak perlu melakukan semuanya ini di 1 komentar yang sama. Coba terapkan 1 saja dari teknik di atas, dan lihat bedanya Kamu bisa menambahkan link ke dalam komentar kamu.

Kamu bisa menambahkan link ke dalam komentar kamu.

kalau disertai dengan maksud yang jelas! Kalau kamu merasa kamu pernah menulis tentang sesuatu yang bisa dipakai sebagai referensi tambahan komentar kamu, silahkan kamu berikan link ke halaman tulisan kamu tersebut. Jangan pernah memberikan link ke mana pun jika tujuan dari link tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Dan jangan menjadi egois. Biarpun kamu adalah orang yang berkomentar, bukan berarti kamu hanya mengambil referensi dari blog / situs kamu saja. Jika kamu pernah membaca halaman situs orang lain yang kamu rasa bisa dijadikan referensi, berikan link ke halaman itu.

Selain menjadi lebih sosial dan lebih dipandang sebagai resource yang berpengetahuan oleh orang yang membaca komentar kita, para pemilik situs yang kamu berikan link akan tahu bahwa ada backlink ke situs mereka.

Ketika mereka mencari tahu dan menelusuri, mereka akan melihat bahwa kamulah yang memberikan link tersebut. Mereka akan sangat berterimakasih akan perhatian yang kamu berikan kepada entry-entry yang mereka tulis. Dan jika kamu menuliskan komentar kamu secara berkualitas, mereka akan mengunjungi situs kamu dengan sendirinya. Bukan tidak mungkin hubungan kerjasama antara kamu dan mereka berawal dari situ.

Kesimpulan dan Penutup

Blog adalah channel marketing yang sangat berpotensial. Komunitasnya mungkin tidak begitu besar, tetapi follower blog biasanya sangat-sangat antusias dan benar-benar terkoneksi dengan blog tersebut. Cobalah terapkan langkah di atas untuk online marketing campaign kamu.

Kamu pasti sudah pernah berkomentar di blog orang lain. Apakah motivasi di balik komentar kamu? Bagaimana cara kamu menulisnya? Apakah kamu sudah menerapkan beberapa teknik di atas? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ya! Salam sobat Paansii.