Tipe Komentar Blog

Tipe Komentar Blog

Tipe Komentar Blog

Paansii - Sekalipun tidak ada aturan resmi tentang etika berkomentar di blog atau artikel orang lain, tapi saya yakin anda pasti tahu mana komentar yang baik dan mana komentar yang tidak baik. Mana komentar yang enak dibaca dan mana komentar yang tidak enak dibaca.

Kalau boleh saya sedikit memberikan definisi bahwa komentar yang baik adalah komentar yang sejalan dengan artikel, memberikan kritik membangun dan atau memberikan ucapan terima kasih jika ternyata artikel yang anda baca di suatu blog ternyata bermanfaat untuk anda.

Komentar artikel yang tidak baik adalah komentar yang tidak sejalan dengan topik artikel, isi komentarnya berisi iklan atau promosi, dan tidak memberikan kritikan/masukan apa-apa.

Dari beberapa pengunjung blog ini, maaf ya, saya mendapatkan beberapa tipe pengomentar. Di antaranya ada pengunjung suka memuji, ada pengunjung yang hanya pasang iklan, ada pengunjung memberikan masukan dan saran, dan ada juga pengunjung yang mencaci maki artikel saya.

Terus terang kadang saya agak risih dengan komentar yang hanya mengatakan

bagus blognya,
siiip tipsnya,
good.

Semuanya dengan kata-kata pendek. Simple sih simple. Tapi kalau terlalu banyak simplenya, menurut saya nggak juga.

Harus jelas juga dong alasannya, kenapa blog ini bagus, sip dan good. Kalau misalkan ada pengunjung yang malah mengisi kolom komentar dengan menjual produk/pasang iklan/promosi. Kalau ada komentar pengunjung yang tipe kayak ginian langsung saya hapus.

Kalau saya membahas masalah tentang Keuntungan Menggunakan CMS, masak isi komentarnya mengacu kepada template blogger dan lain lain. Kan nggak nyambung wkwkwk. Nah yang paling oke dan saya sangat suka adalah pengunjung yang memberikan masukan/saran. Saya blogger. Blogger juga manusia loh.

Jadi pasti selalu dan selalu ada kesalahan dalam setiap posting yang saya lakukan. Mata yang kelilipan tidak bisa ditiup sendiri. Saya butuh bantuan orang lain untuk meniup kelilipan saya. Kesalahan yang saya lakukan tidak seluruhnya bisa saya lihat sendiri. Jadi saya perlu kritikan yang membangun dari anda.

Tapi sebagai blogger saya tetap harus mengucapkan terima kasih karena kalian semua telah berkunjung ke blog reyot saya ini. Dan itu adalah sebuah kebanggaan bagi saya karena mungkin tulisan yang jelek ini masih bisa memberikan manfaat buat orang lain.

Paling baiknya kalian adalah yang lebih memberikan manfaat buat orang lain.
- Nabi Muhammad SAW.

Jadi komentar-komentar yang masuk baik berupa saran, kritik, caci maki dan bahkan iklan, semoga akan lebih mendewasakan saya dalam menghadapi kehidupan ini.

Saya sendiri suka berkunjung ke blog-blog orang lain. Tujuannya tiada lain untuk mencari sahabat, mencari ilmu dan informasi, juga tak lupa saya memberikan komentar-komentar yang isinya pujian, saran dan kritik.

Jika anda datang ke blog paansii dan meninggalkan jejak komentar maka Insya Allah saya akan berusaha untuk datang ke blog anda. Namun mohon maaf jika tidak semuanya bisa saya datangi.

Semoga artikel ini bisa memberikan masukan berharga untuk anda semua, salam sobat Paansii.