5 Cara Mudah Membasmi Rayap Pada Perabotan Berbahan Kayu di Rumah

5 Cara Mudah Membasmi Rayap Pada Perabotan Berbahan Kayu di Rumah

5 Cara Mudah Membasmi Rayap Pada Perabotan Berbahan Kayu di Rumah

Paansii - Salah satu jenis hewan yang cukup mengganggu jika di rumah adalah rayap. Hewan-hewan kecil ini tidak hanya bisa menggigit tetapi juga merusak furnitur kayu yang terbuat dari kayu. Untuk daerah dengan iklim lembab, itu sangat rentan terhadap rayap karena biasanya hewan ini menyukai kondisi lembab.

Jika Anda memiliki rumah yang dominan kayu atau ada banyak jenis furnitur kayu seperti lemari, rak dan lainnya, coba periksa secara berkala jika ada serangan rayap atau tidak. Jika Anda menemukan rayap dan kerusakan yang disebabkan masih tidak terlalu parah, segera diatasi dengan beberapa cara seperti berikut:

Jemur dibawah Sinar Matahari

Untuk jenis furnitur yang ringan dan tidak terlalu besar dalam ukuran sehingga masih mungkin untuk diangkat, cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rayap bersarang di furnitur adalah dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Efek panas sinar matahari akan membuat rayap pergi dan juga furnitur yang mungkin dalam kelembaban, menjadi lebih kering. Biarkan furnitur selama beberapa jam di bawah sinar matahari sampai rayap benar-benar hilang.

Buatlah Jebakan Rayap

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rayap di rumah adalah membuat jebakan rayap dari bahan kardus bekas. Metode ini cukup mudah dan murah karena hanya perlu memanfaatkan kotak bekas yang tidak digunakan.

Siapkan kotak kardus lalu berikan beberapa tetes air dan gulung hingga menyerupai pipa. Letakan pada tempat di mana rayap bersarang, jika rayap mulai terkumpul pada perangkap kardus tersebut, angkat dan buang keluar rumah. Lakukan metode ini berulang kali jika perlu.

Gunakan Perasan Lemon Dan Cuka

Untuk memberantas rayap, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan di dapur seperti lemon dan cuka. Campuran jus air lemon dan anggur digunakan sebagai semacam pendamping pemusnahan rayap yang aman tanpa zat beracun.

Gunakan sprayer ketika Anda ingin menggunakan campuran air lemon dan cuka saat eradaying rayap pada furnitur atau bagian dari rumah yang telah diserang oleh rayap.

Gunakan Minyak Jeruk dan Minyak Neem

Menggunakan bahan-bahan alami untuk mengeluarkan rayap terasa lebih aman daripada menggunakan bahan kimia beracun karena efeknya dapat dikembalikan ke manusia. Itu sebabnya, banyak orang lebih suka menemukan cara untuk memberantas rayap secara alami.

Nah, dengan cara ini Anda dapat mendaftar juga untuk mengusir rayap, cukup berikan minyak oranye atau jika tidak ada, Anda dapat menggunakan minyak neem. Gunakan kapas dan tetes dengan minyak oranye secukupnya, berlaku untuk bagian di mana ada rayap.

Kandungan D-Limonene pada minyak jeruk dapat menjadi semacam pembasmi rayap secara alami. Anda dapat melakukan metode ini berturut-turut dan secara teratur, misalnya seminggu sekali untuk mencegah rayap kembali.

Jika Anda ingin mencegah munculnya rayap pada beberapa perabot favorit Anda, Anda dapat mulai melakukan hal ini di beberapa titik furnitur yang memiliki potensi rayap. Biasanya di dalam kabinet, laci dan rak adalah bagian di mana rayap senang bersarang.

Diatomaceous Earth.

Bahan yang satu ini mungkin sedikit asing bagi Anda, tetapi patut dicoba. Diatomaceous Earth bukan bahan kimia beracun, tetapi tanah diatom yang biasa digunakan untuk berkebun.

Jika diatomaceous earth ini ditaburkan dalam rayap, itu dapat membuat rayap dehidrasi sampai mati. Anda dapat menemukan bahan diatomaceous di toko yang menjual peralatan berkebun.

Penutup

Itu adalah 5 cara untuk mengatasi rayap di rumah atau perabotan kayu yang dapat Anda coba. Mudah-mudahan itu akan berguna dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika menarik, Salam sobat Paansii.